Jl. Jawa No. 16

Jember Jawa Timur

Sen-Jum : 07:00 - 15:30 WIB

Jam Operasional

Perpustakaan Digital SMA Negeri 2 Jember

Kunjungi Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember

 

 

 

Secara de facto dan de yure SMA Negeri 2 Jember berdiri pada 1978. Gedung Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember sebagai bagian dari keberadaan SMA Negeri 2 Jember berdiri pada tahun 1978 yang terletak dibagian depan dalam keadaan masih dalam satu ruang dengan Ruang lain (BK). Dan pada tahun 1996 Pembangunan Gedung Baru Perpustakaan yang berada di bagian timur tengah dari keseluruhan gedung SMA Negeri  2 Jember.

Sejak berdirinya gedung perpustakaan SMA Negeri Jember, maka bebagai sumber belajar, seperti buku paket, alat peraga, dan media pembelajaran lainnya mulai ditata sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan ruangan maupun sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan perbendaharaan koleksi buku dan pelayanan kepada warga sekolah. Hadirnya gedung perpustakaan SMA Negeri 2 Jember merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMA Negeri 2 Jember. Penataan dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi:

  1. Koleksi buku referensi dan Kamus,
  2. Audio Visual
  3. Area Koleksi dan ruang baca,
  4. Area Kerja dan Ruang Sirkulasi
  5. Area Baca Klasikal (meja panjang)
  6. Area fasilitas internet

Pada tahun pelajaran 2010/2011, Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember dikelola oleh 2 orang, yang terdiri dari 1 kepala perpustakaan dan 1 staf. Dengan motto Berkarya Dan Berkreasi Untuk Prestasi Dan Prestise, maka seluruh pengelola perpustakaan bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

Organisasi perpustakaan dipimpin oleh seorang kepala dibantu oleh seorang Staf Perpustakaan. Program dan anggaran Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember direncanakan setiap tahun berdasarkan Laporan & Program Kerja Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember. Secara lebih detail setiap kegiatan implementasinya dikoordinasikan minimal oleh seorang penanggung jawab. Kegiatan dijalankan berdasarkan prinsip efektivitas, efisiensi sumber daya, indikator kinerja berbasis outcomes dan berkelanjutan.

Visi

Terwujudnya perpustakaan yang representatif sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan agama.

Misi

  1. Memberikan layanan yang ramah, tegas, tertib dan tangkas
  2. Penerapan teknologi informasi yang pada intinya bertumpu pada konsep otomatisasi
  3. Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan sekolah
  4. Meningkatkan kerjasama (resources sharing) dengan perpustakaan dan pusat informasi lain.

Sasaran Mutu

  1. Mempertahankan semua aspek mutu pada setiap proses dan kegiatan
  2. Menghasilkan produk/layanan dengan mutu yang baik dan konsisten

Tekad

  1. Mengembangkan SMM ISO 9001:2008 di lingkungan perpustakaan dengan dukungan dari seluruh personil organisasi, dengan pola kebersamaan yang saling asah dan asuh serta didasari oleh nilai-nilai dasar akhlak mulia yaitu: amanah, ibadah, credibel dan akuntabel.
  2. Bersikap tanggap terhadap perubahan dalam sistem penyelenggaraan perpustakaan perguruan tinggi dengan tetap mempertahankan konsistensi mutu produk atau layanan melalui SMM.
  3. Manajemen, pustakawan dan staf Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember sepakat untuk memenuhi standar mutu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sebagai kontribusi untuk mendukung hubungan kerja yang sehat dengan stakeholder.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia melalui program pelatihan bagi manajemen, pustakawan dan personil pendukung keseluruhan proses, sehingga setiap pihak dapat melakukan tugas dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai.
  5. Mengkaji efektivitas dan efisiensi kinerja organisasi sehingga Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember dapat mendukung peningkatan pencapaian sasaran mutu SMA Negeri 2 Jember.

Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember memastikan bahwa kebijakan mutu dikomunikasikan dan dipahami di semua tingkat organisasi melalui pelatihan, komunikasi, dan penilaian peningkatan kinerja karyawan tahunan.

Pernyataan kebijakan mutu perpustakaan SMA Negeri 2 Jember dikendalikan melalui peraturan dan semua kebijakan yang terkandung dalam manual ini, dan ditinjau untuk melakukan perbaikan berkesinambungan melalui rapat tinjauan manajemen.

Rencana Strategis

Rencana Strategis Perpustakaan SMA Negeri 2 Jember empat tahun ke depan (2012-2017), secara garis besar meliputi program:

  1. Penguatan manajemen organisasi perpustakaan melalui penataan kelembagaan dan fungsionalisasi peran perpustakaan.
  2. Peningkatan kemampuan layanan untuk mencapai layanan perpustakaan yang excellent.
  3. Pengembangan ketersediaan sumber-sumber informasi ilmiah dari berbagai sumber, berbagai jenis media dan berbagai bahasa.
  4. Pengembangan kapasitas sumber informasi & temu kembali informasi berbantuan sistem terautomasi untuk perluasan, kecepatan dan ketepatan akses.
  5. Peningkatan kemampuan dan pengembangan sistem pemerosesan/pengolahan sumber informasi berbantuan sistem terautomasi.
  6. Pengembangan sistem database terautomasi melalui peningkatan kemampuan dan penyempurnaan sistem ICT perpustakaan.
  7. Pengembangan ragam layanan yang bersifat spesifik dan eksklusif melalui penyediaan sumber informasi langsung, pengembangan alat dan fasilitas, sharing dengan perpustakaan sejenis serta penyediaan sumber informasi ilmiah di tingkat lokal, nasional dan internasional.
  8. Pengembangan penyediaan ruangan dan kemudahan akses melalui pengaturan fungsi ruangan, memaksimalkan kinerja SDM, ruang, alat untuk meningkatkan kualitas lingkungan perpustakaan.
  9. Peningkatan fungsi promosi dan website perpustakaan untuk menciptakan image positif perpustakaan.
  10. Meningkatkan kompetensi dan kualifikasi SDM berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan.
  11. Peningkatan kerjasama dalam lingkup institusi perpustakaan, institusi terkait, lembaga pendidikan dan penelitian dan penyedia informasi ilmiah lainnya, baik instansi negara atau swasta.