Memasuki Era New Normal generasi milenial dihadapkan dengan berbagai macam tantangan. Salah satunya, mereka dituntut untuk terus aktif dan produktif dalam menghasilkan karya yang kreatif ditengah wabah Covid-19. Dewan Koperasi Indonesia bekerjasama dengan FERACO penyelenggara exhibition, convention, seminar dalam menyukseskan visi “Menuju 5ujta anggota milenial” mengadakan webinar nasional yang diikuti oleh seluruh Ketua Osis dan Kepala SMA/K Se-Jawa Timur. Webinar ini diadakan pada Kamis, 18 Maret 2021 pukul 15.00 WIB melalui Ruang Vitual zoom yang diikuti kurang lebih 400 peserta.

Webinar ini sebagai langkah awal untuk mewadahi perkembangan bakat para milenial dalam mewujudkan “karya Gen-Z bikin film”. Dalam webinar ini peserta diberi sosialisasi mengenai cara memproduksi film dan berbagi pengalaman menjadi bagian dari produksi film. Salah satu pembicara dalam webinar ini adalah Ivonny, yang dikenal luas sebagai Executive Producer Film Impian 1000 pulau. Ivonny menceritakan pengalamannya menjadi seorang producer saat masih berusia 18 tahun. Hebatnya, Ia juga mendapatkan beasiswa di luar negeri. Ia memotivasi peserta untuk terus dapat memberikan karya terbaiknya bagi bangsa. Salah satu caranya yaitu bergabung menjadi bagian Kinarya Coop. Dengan bergabung dengan Kinarya Coop peserta mendapat pelajaran tentang perfilman selain itu berkesempatan untuk menjadi bintang film dan bagian dari anggota produksi film. Tidak hanya itu Kinarya Coop juga menawarkan beasiswa di Jerman dan Korea untuk peserta terbaik yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Webinar ini tidak hanya berisikan sosialisasi tentang perfilman, namun juga edukasi bagi para peserta tentang upaya menjaga lingkungan sekitarnya. Bentuk upaya yang dilakukan Kinarya Coop ini dengan membantu produksi film Impian 1000 pulau yang menceritakan tentang para milenial yang menjujung tinggi gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Proses Pembuatan Film ini hasil gotong royong generasi muda, baik yang tinggal di Kepulauan Seribu maupun yang berasal dari Kota Jakarta, membuktikan bahwa kreatifitas dan inovasi merupakan hal yang tanpa batas dan dapat menghasilkan karya seni yang sangat bagus dan bermakna. Hal menarik dari film ini yaitu tiap satu tiket yang laku terjual maka senilai satu mangrove untuk konservasi laut. Hal tersebut dilakukan oleh Ivonny Zakaria untuk mengajak para milenial tidak hanya memiliki kreativitas tinggi dalam berkarya namun juga memiliki rasa kepedulian dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Kegiatan webinar nasional ini mendapat apresiasi baik dari Drs.Edy Suyono M.Si Kepala SMAN 02 Jember.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan webinar ini karena dengan adanya wadah edukasi seperti ini dapat mendorong kaum muda untuk bergerak aktif dan produktif dalam menghasilkan karya yang kreatif sehingga dapat mengarumkan nama bangsa dengan sejuta prestasi,” ujarnya.

Selain itu, Drs.Edy Suyono M.Si juga berharap agar lebih banyak lagi kegiatan positif seperti ini dan dengan berbagai topik yang menarik serta dijadikan sebagai kegiatan rutin kedepannya.

Pewarta: Fadiani Risqita Mamang

Editor: Luthifianto Yudha P., S.Pd


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *