OSIS dan Malware SMAN 2 Jember bekerja sama untuk mengadakan lomba E-Sport yang dinamakan “MAESTRO” (SMADA E-Sport Competition) yang diadakan pada tanggal 24-26 Desember 2020 yang diikuti siswa kelas 10-12 SMAN 2 Jember. Kegiatan ini diselenggaran bertujuan untuk menyalurkan bakat seluruh siswa di SMAN 2 Jember di bidang E-Sport.

Lomba ini dilaksanakan secara online pada babak penyisihan dan semi final sedangkan offline pada perebutan juara 3 serta final yang ditampilkan secara live stream di channel Youtube OSIS_MPK SMAN 2 Jember.

Sedangkan untuk penilaian berdasarkan banyaknya poin KDA (Kill Death Assist) dari setiap tim. Teknis kegiatan pada lomba E-Sport yaitu pada tanggal 22-23 Desember 2020, panitia melakukan pendaftaran untuk peserta yang diikuti oleh siswa dan siswi SMAN 2 Jember dengan menggunakan google form sebagai media pendaftaran, dan pada malam harinya panitia melakukan technical meeting dengan para peserta.

Setelah itu perlombaan berjalan dengan total 23 tim dari kelas 10 sampai kelas 12 dengan sistem eliminasi menggunakan nilai poin kemenangan. Dilanjutkan perlombaan 8 besar tim untuk merebutkan siapa yang masuk semifinal dan berlanjut perlombaan perebutan 3 besar dan perlombaan final.

Pembagian hadiah setelah perlombaan final pada tanggal 26 Desember 2020 dan penutupan dilakukan pada saat itu juga.

Waka Kesiswaan, Eny Muffida S.Pd., M.Pd. menyebutkan “Event ini adalah upaya mengenalkan e-sport kepada khalayak ramai. E-sport sendiri sudah di-endorse oleh banyak kalangan, bahkan kemenpora sehingga cukup wajar bila diselenggarakan di level siswa. Tentu saja, tetap dengan pengawasan ketat dan dengan memperhatikan aspek kedisiplinan belajar siswa agar tidak mengganggu jadwal belajar. Kami sangat concern dengan hal itu (kedisiplinan belajar.”

Kepala SMAN 2 Jember mengapresiasi terselenggaranya lomba ini. “Cukup menggembirakan, semoga bisa berimbang antara kegiatan belajar dan pengenalan e-sport ini. Semoga bisa jadi event tahunan, bahkan diperluas skalanya di tingkat Kabupaten, atau misalnya di kalangan siswa SMP,” begitu pesan beliau.

Pewarta : Rifdah Hannifah

Editor: Indra Setyawan, S.Kom