Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan fakultas hukum universitas jember kembali mengadakan kegiatan tahunan yang Bertempat di Grand Hotel Valonia Jember, kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 November-24 Desember 2020 terbagi dalam empat tahap, diikuti oleh Akademisi, Mahasiswa dan pelajar dari seluruh Indonesia.

Kegiatan lomba anugrah pancasila ditengah era dirupsi tahun ini diselenggarakan dengan mengemban misi untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila dan memberikan penghargaan kepada tokoh dan pemuda yang konsisten dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan tujuan khusus dari adanya penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Dies Natalis Universitas Jember selain itu juga mewujudkan perguruan tinggi negeri yang terus menguatkan serta merawat Pancasila sebagai suatu ideology bangsa dan negara.

Pada kegiatan ini SMA Negeri 2 Jember menunujuk perwakilan sekolah untuk mengikuti kompetisi yang berupa membuat karya tulis ilmiah. Perwakilan dari SMA Negri 2 Jember adalah siswi kelas XI atas nama Rifdah Hannifah Dzakiyyah. Ia merupakan pengurus dari Organisasi Intra Sekolah dan Majelis Perwakilan Kelas di SMA Negri 2 Jember. Judul yang ia angkat dari karya tulis yang ia buat adalah “Generasi Millenial Dalam Kemerdekaan Berpendapat Di Media Sosial Dengan Pengamalan Nilai Pancasila.”

Berbagai macam materi terkait pancasila disampaikan saat kegiatan berlangsung. Salah satunya pentingnya pendidikan pancasila diera sekarang ini. Pancasila adalah sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia. Sebab itu seluruh tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan segabagai tolak ukur baik buruk dan benar salahnya sikap, perubahan dan tingkah laku sebagai bangsa Indonesia. pendidikan Pancasila berperan penting dalam pembentukan moral, adab, prilaku dan kepribadian yang sehat dan berjiwa Nasionalisme.

Kegiatan dilajutakan dengan sesi wawancara untuk pemilihan pemenang untuk mahasiswa, sedangkan untuk akademisi dan pelajar hanya 3 terbaik yang telah diundang untuk menghadiri acara penganugrahan. Setelah sesi wawancara mahasiswa selesai, dilanjutkan adanya acara hiburan seperti tari tradisional, flashmob dan sebagainya.

Setelah seluruh rangkaian acara berakhir, tibalah dipenghujung acara dimana pemenang pada setiap tingkat diumumkan. Mulai dari akademisi, mahasiswa dan pelajar dipilih 3 terbaik yang pada akan diberi penghargaan sebagai duta anugrah pancasila ditengah era dirupsi. Peserta yang terpilih untuk menjadi duta pancasila nantinya diharapkan tidak hanya menjadi yang terbaik pada saat acara berlangsung, namun diharapkan juga dapat menjadi pelopor masyarakat untuk lebih cinta lagi terhadap ideologi kita dan menerapkan nilai nilai yang terkandung pada ideologi pancasila. Perwakilan dari SMA Negri 2 Jember berhasil mendapatkan juara ke 2 dalam kategori pelajar. Kepala SMAN 2 Jember, Edy Suyono M.Si mengaku sangat bangga siswi Smada mampu berprestasi di tingkat nasional. “Semoga selalu berkarya dan semakin membanggakan smada,” pungkasnya.

Pewarta: Rifdah

Editor: Luthfianto Yudha P., S.Pd