Covid-19 tidak menghalangi kreativitas anggota OSIS dan MPK SMAN 2 Jember untuk mengadakan event yang sudah direncanakan. Bahkan dengan adanya pandemi ini, mereka menjadi semakin aktif dan inovatif dalam membuat event baru yang tentunya dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan serta meminimalisir kerumunan dengan mengagendakan beberapa kegiatan dilakukan secara daring. Semangat yang tinggi dari anggota OSIS dan MPK SMAN 2 Jember membuahkan hasil berupa event baru yaitu lomba seni fotografi bernama Event Kreasi Photography Siswa SMA Negeri 2 Jember (EKSPOSE) yang kali ini bekerja sama dengan ekstakurikuler Listsmada.

Event Kreasi Photography Siswa SMA Negeri 2 Jember (EKSPOSE) ini merupakan perlombaan dalam seni fotografi bertema “Lingkungan Sekolah” yang diperuntukan kepada siswa-siswi SMAN 2 Jember. “Sebenarnya konsep ini berawal dari ketiadaannya kegiatan foto kalender di SMAN 2 Jember dikarenakan COVID-19 dan untuk menghindari kerumunan. Sehingga kita berinisiatif untuk mengisi kekosongan dari kalender tahunan sekolah, maka kita mengadakan event fotografi yang diadakan di SMAN 2 Jember dan akan diambil 6 foto terbaik guna mengisi kalender tahunan di SMADA,” ucap Rara sebagai Ketua Panitia EKSPOSE.

Pelaksanaan EKSPOSE ini bertujuan untuk  mengembangkan bakat dan kreativitas siswa dalam bidang non-akademik tepatnya pada bidang fotografi. Dengan adanya event ini juga diharapkan minat siswa dalam bidang teknologi semakin meningkat. Rara ketua panitia EKSPOSE mengatakan,Pelaksanaan Lomba EKSPOSE ini bertempat di SMAN 2 Jember dan dilaksanakan pada tanggal 7 – 22 November 2020 tepatnya pada hari Sabtu dan Minggu saja. Pelaksanaan hanya pada hari libur ini beralasan agar proses belajar mengajar tidak terganggu dan peserta pun dapat leluasa memilih waktu pengambilan foto yaitu antara jam 7 pagi hingga jam 4 sore WIB. Dalam menghindari terjadinya kerumunan proses pengambilan foto dilakukan secara bergilir dimana peserta di setiap angkatan mendapat waktu 2 hari dan sudah ada panitia yang bertugas untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan. Selain itu, event ini tetap menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, cuci tangan sebelum masuk sekolah,menerapkan social distancing dan physical distancing).

Penyerahan hadiah kepada para pemenang oleh WaKa Kesiswaan, WaKa Kurikulum, dan 3 Staf Kesiswaan

Pada proses penilaian lomba EKSPOSE ini, panitia menggandeng kalangan profesional sebagai jurinya, yakni dari studio foto Segara dan Wakajzee.  Penilaian pun dilakukan murni oleh juri tanpa campur tangan panitia. Dalam Event Kreasi Photography Siswa SMA Negeri 2 Jember (EKSPOSE) ini diputuskan :

  • Juara 1 diraih oleh Rizdan Zufar (11 MIPA 6) dan mendapat hadiah sebesar Rp 500.000
  • Juara 2 diraih oleh Erzhya Zahra (10 MIPA 5) dan mendapat hadiah sebesar Rp 400.000
  • Juara 3 diraih oleh Aldilla Yusvanisya (10 MIPA 5) dan mendapat hadiah sebesar Rp 300.000
  • Juara 4 diraih oleh Andyka Ardyansyah (11 MIPA 4) dan mendapat hadiah sebesar Rp 200.000
  • Juara 5 diraih oleh Elza Hadi (12 MIPA 3) dan mendapat hadiah sebesar Rp 200.000
  • Juara 6 diraih oleh Reny Marisa (11 IPS 1) dan mendapat hadiah sebesar Rp 200.000

Selain mendapat hadiah uang tunai, para pemenang juga mendapat sertifikat dan hasil foto mereka akan mengisi kalender SMAN 2 Jember. Penyerahan hadiah tersebut dilakukan di SMAN 2 Jember pada tanggal 11 Desember 2020.

Karena ini adalah event baru yang pertama dilakukan pada masa pandemi Covid-19, tentunya event ini sangat berkesan. Ketua OSIS SMAN 2 Jember ,Fadiani, mengatakan bahwa, event pertama pada periodenya ini cukup menarik karena dikala pandemi ini dia dan anggota OSIS dan MPK SMAN 2 Jember masih dapat berkreasi, dapat menggerakkan siswa SMADA untuk terus produktif dan solutif memanfaatkan waktu luang, serta dapat melatih skill fotografi dan editing siswa SMADA yang sangat dibutuhkan di era globalisasi ini. Selain itu Rara sebagai ketua panitia lomba EKSPOSE berharap event EKSPOSE ini dapat menjadi event rutin SMADA sehingga kedepannya dapat dilaksanakan dengan lebih meriah dan tentunya dapat membanggakan nama almamater SMAN 2 Jember.

Ibu Eny Muffida, S. Pd M.Pd sebagai WaKa kesiswaan juga ikut berkomentar “Lomba EKSPOSE ini sangat positif. Selain merangsang kreativitas siswa, kegiatan ini juga dapat terlaksana dengan memperhatikan protokol kesehatan. Ke depannya, lomba semacam ini akan diadakan secara reguler bahkan ditingkatkan levelnya”. Ia juga menambahkan bahwa Kepala Sekolah ,Drs. Edy Suyono, M.Si, sangat bangga dan mengapresiasi adanya kegiatan ini.