OSIS dan REMAS Babussalam SMA Negeri 2 Jember bekerja sama untuk mengadakan lomba tartil dan pidato pada tanggal 4-19 Desember 2020. Yang diikuti oleh murid kelas 10-12 SMA Negeri 2 Jember. Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, memperkuat Ukhuwah Islamiyah, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ini juga diadakan karena adanya implementasi program kerja dan untuk melaksanakan kegiatan rutin jangka menengah Remaja Masjid Babussalam. Karena adanya COVID-19, kegiatan ini dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran, technical meeting, lomba tartil, lomba pidato islami, dan juga penilaiannya. Lomba ini dilakukan di rumah masing-masing peserta yaitu dengan membuat video sesuai pilihan lombanya yang kemudian videonya dikirimkan kepada panitia divisi acara lewat via email dan juga di upload di ig kelas masing masing. Sedangkan untuk penilaian lombanya juga dilakukan di rumah masing masing juri.

Teknis kegiatan pada lomba tartil dan pidato yaitu pada tanggal 10 – 12 Desember 2020 panitia melakukan pendaftaran untuk peserta yang diikuti oleh siswa dan siswi SMAN 2 Jember dengan menggunakan google form dan pada tanggal 13 Desember 2020 panitia melakukan technical meeting dengan para peserta.

Setelah itu panitia memberikan waktu untuk peserta agar mengirimkan video penampilan nya dengan mengirimnya ke Gmail panitia serta meminta untuk peserta mengaploud videonya di ig kelas masing masing-masing, dan pada tanggal 16 – 17 Desember 2020, panitia melakukan penilaian dengan para juri pada tanggal 16  Desember 2020 serta pengumuman pemenang pada tanggal 17 Desember 2020.

Teknis kegiatan pada lomba tartil dan pidato yaitu pada tanggal 10 – 12 Desember 2020 panitia melakukan pendaftaran untuk peserta yang diikuti oleh siswa dan siswi SMAN 2 Jember dengan menggunakan google form dan pada tanggal 13 Desember 2020 panitia melakukan technical meeting dengan para peserta.

Setelah itu panitia memberikan waktu untuk peserta agar mengirimkan video penampilan nya dengan mengirimnya ke Gmail panitia serta meminta untuk peserta mengaploud videonya di ig kelas masing masing-masing, dan pada tanggal 16 – 17 Desember 2020, panitia melakukan penilaian dengan para juri pada tanggal 16  Desember 2020 serta pengumuman pemenang pada tanggal 17 Desember 2020.             Teknis kegiatan yang terakhir yaitu pengambilan hadiah pemenang pada tanggal 22 Desember 2020 dan penutupan kegiatan dilakukan saat itu juga. Kegiatan tersebut di lakukan karena ingin meningkatkan kreativitas serta minat siswa dalam dalam bidang keagamaan yang paling utama,karena zaman sekarang yang disebut  zaman milenial banyak sekali anak yang lupa atau jarang sekali mempelajari agama dan membaca Al-Qur’an, Sehingga dengan diadakannya lomba ini bisa membatu para siswa terutama tentang pentingnya belajar agama dan membaca Alquran untuk bekal menghadapi masa 4.0 ini serta bisa meneruskan generasi muda yang berakhlak mulia dan Senantiasa mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dan pelajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.